Produser asal Los Angeles, AXL FOLIE, emang udah terkenal banget! Doi udah ngubah dunia musik hip hop dengan kolaborasi bareng nama-nama besar kayak Kendrick Lamar, Drake, dan Nipsey Hussle. Produser yang pernah masuk nominasi Grammy ini emang dikenal punya sentuhan kreatif yang mendalam, bikin album utuh, bukan cuma single doang. Proses kreatifnya tuh penuh dengan niat, koneksi, dan cinta, makanya katalog karyanya banyak yang dapet platinum!
Baru-baru ini, AXL FOLIE abis kolaborasi keren bareng Leon Thomas. Sekarang, doi duduk bareng Earmilk buat ngobrolin kariernya yang gila, pengalaman sepanggung bareng Kendrick Lamar, dan kemampuannya buat nggak ngejar tren.
Hai AXL FOLIE, cerita dong gimana awalnya lo bisa masuk ke dunia musik dan kapan lo sadar kalo ini emang yang lo pengen lakuin seumur hidup?
Gue mulai bikin musik sekitar umur 12 atau 13. Di sekolah gue ada program bikin beat namanya Hammerhead, terus gue mulai deh bikin beat di kelas komputer. Pas umur 15, gue ikutan battle beat sama 1,500 or Nothing — kayak adegan di film 8 Mile gitu. Gue lawan produser keren banget namanya Notch, dan semua orang suka sama sound gue. Akhirnya gue menang, dan di situ gue tau kalo gue pengen bikin musik seumur hidup gue.
Lo udah jadi bagian dari project-project hip-hop dan R&B paling berpengaruh. Menurut lo, apa sih yang bikin sebuah lagu itu abadi?
Buat gue, musik abadi itu tentang selamanya. Gue nggak pernah peduli cuma punya banyak lagu hits — gue selalu pengen punya lagu yang masih diputer puluhan tahun kemudian, bahkan kalo gue udah nggak ada di sini. Lagu abadi itu klasik, musik yang terus hidup di hati orang-orang lama setelah momennya lewat.
Kerja sama lo bareng Leon Thomas di Electric Dusk dan Mutt kayaknya penting banget. Apa sih yang bikin chemistry kreatif lo sama Leon itu unik?
Leon itu salah satu dari sedikit artis yang bisa main alat musik dan nyanyi beneran tanpa Auto-Tune. Itu penting banget buat gue, karena gue picky banget soal tone — kalo nggak sreg, gue nggak bakal kasih beat gue ke siapa pun, nggak peduli seberapa terkenalnya dia. Pas pertama kali denger Leon, gue bahkan nggak tau dia siapa atau kalo dia pernah main di Nickelodeon. Gue cuma suka sama suaranya. Selain itu, dia juga main alat musik, dan kita berdua pake Logic, jadi kerjaan kita lancar banget.
Lo pernah bilang project lo yang akan datang itu bukan tentang numpuk-numpuk featuring, tapi tentang niat. Bisa jelasin lebih lanjut maksud dari niat itu pas lo kerja sama artis kayak Cardi B dan Jhene Aiko?
Album ini udah gue kerjain selama enam tahun. Awalnya, gue sama Nipsey bikin lagu barengan buat side tape pas Victory Lap lagi keluar. Setelah dia meninggal, jadi penting buat gue buat bawa balik OG, bikin musiknya kedengeran pas sama teknologi sekarang, dan ngehargain itu. Itu niatnya: bukan ngejar featuring, tapi ngehargain musiknya, prosesnya, dan orang-orang yang udah kita bangun bareng.
Sebagai produser yang nggak ngejar tren, gimana caranya lo tetep terinspirasi dan inovatif di industri yang geraknya cepet banget?
Gue tau soal tren — gue dengerin, mungkin eksperimen sama beberapa drum, tapi gue nggak ngejar mereka. Inspirasi buat gue dateng dari ada di sekitar orang-orang yang kerja tiap hari. Gue sering nongkrong di studio Mike & Keys karena energinya bikin gue termotivasi. Kalo gue sendirian, lebih susah buat tetep di zona itu.
Momen atau lagu apa dalam karier lo yang kerasa kayak titik balik, di mana lo tau lo lagi ngelakuin sesuatu yang spesial?
Sepanggung bareng Kendrick pas dia bawain m.A.A.d city pas Malam Tahun Baru itu nggak bakal bisa gue lupain. Ngeliat energi penonton bikin gue pengen balik lagi ke studio. Tapi titik balik sebenernya itu pas gue produksi Collard Greens dan Double Up. Double Up terutama bikin gue ngerasa kayak, “Oke, gue bukan cuma produser — gue seniman.”
Gimana peran lo berubah sekarang pas lo mulai lebih banyak jadi produser eksekutif?
Ini tantangan yang beda banget. Kalo produksi itu tentang suara, tapi kalo produser eksekutif itu berarti ngurusin orang, negosiasi, deadline — semuanya. Yang gila itu gue sekarang jadi ngarahin orang-orang yang ngajarin gue semua yang gue tau. Kayak saudara sih, tapi juga lucu — adek kecil udah gede. Tugas gue itu mastiin semua orang ngasih yang terbaik, bahkan kalo itu berarti nge-cut lagu atau mundurin deadline.
Di dunia di mana streaming seringnyaPrioritasin single, gimana caranya lo tetep komitmen sama bikin album yang berkualitas?
Media sosial bisa bikin lo lupa diri buat ngejar tren, tapi gue tetep fokus sama gambaran yang lebih besar. Buat gue, album itu tentang musik abadi dan nyeritain sebuah kisah. Gue pernah bilang ke artis: album pertama itu harusnya cerita lo — simpen project yang banyak featuring buat nanti. Gitu caranya lo bikin sesuatu yang abadi.
Ke depannya, apa yang lo harapLegacy lo sebagai produser itu nunjukkin tentang diri lo, bukan cuma secara musik, tapi juga personal?
Apa pun yang lo lakuin, bikin musik yang bersih dan lakuin itu dengan niat. Jangan cuma bikin beat buat perhatian atau uang — tanya diri lo sendiri, apa tujuan di balik frekuensi ini? Apa kita lagi bikin cinta, ngurangin kebencian, atau cuma nambahin kebisingan? Musik ngebentuk energi, dan gue pengen legacy gue itu nunjukkin tujuan dan niat, bukan cuma suara.
Apa rencana AXL FOLIE selanjutnya?
Selanjutnya itu kehebatan, kedamaian, dan berkah — tetep rendah hati dan fokus. Gue lagi kerja sama Ricky buat album TAC-nya, nyelesaiin project Nipsey Hussle, dan bikin lebih banyak lagi sama Leon. Gue juga lagi bareng The Game buat The Documentary 3. Itu yang lagi gue siapin sekarang.
Konek sama AXL FOLIE: INSTAGRAM (instagram.com/axlfolie_thc_/)
https://earmilk.com/2025/09/03/axl-folie-chats-new-years-eve-with-kendrick-lamar-prolific-producing-career-and-more-interview/