maq 22 itu kayak profesor musik gila yang nyampurin hip hop sama musik elektronik, hyper-pop, dan banyak lagi. Hasilnya? Pengalaman dengerin yang totally beda! EP barunya yang berjudul MUNINN ini adalah perjalanan seru dengan enam lagu yang ngebahas tema-tema eksistensial yang relate banget. MUNINN ini avant-garde tapi bikin nagih, kayak dengerin sesuatu yang timeless tapi tetep fresh!
Kita ngobrol-ngobrol sama maq 22 tentang EP barunya yang fresh banget, tur mendatangnya di China, mitologi, dan masih banyak lagi! Hasilnya? Obrolan yang seru banget, sama kayak musiknya.
Lo nyebut MUNINN sebagai "eksplorasi dystopian dan visceral" dari dunia batin lo. Bisa jelasin maksudnya dan gimana itu memengaruhi musik lo?
Buat gue, proyek ini kayak soundtrack film cyberpunk atau dystopian. Ini kayak intipan ke tahun-tahun gue sebagai musisi. Gue berusaha se-real dan sejujur mungkin dalam musik gue tanpa berlebihan. Metafora kadang bantu nyembunyiin pesan atau cerita biar cuma orang yang bener-bener fokus sama lirik dan maknanya aja yang ngerti.
Di EP ini lo ngegabungin electronic rap dan hyper-pop. Apa yang bikin lo tertarik buat nyampur genre, dan gimana lo ngimbanginnya dalam musik lo?
Gue dari kecil udah dengerin musik elektronik dan rap, jadi kombinasinya kerasa natural aja. Dulu gue sering banget dengerin albumnya Kesha yang Animal, dan itu jelas banget memengaruhi banyak flow dan vokal gue. Dia sering pake layer vokal yang di-pitch di belakang vokal utamanya, dan gue suka banget itu. Gue juga pake itu di beberapa lagu di proyek ini.
Judul MUNINN ini ngereferensi ke mitologi Norse, khususnya gagak pikiran dan ingatan milik Odin. Gimana simbolisme ini berhubungan sama proses kreatif atau pengalaman pribadi lo?
Setiap gue ngerilis proyek, gue suka ngambil dari interest gue buat bikin tema. Sebagai orang Frisian Belanda, gue mulai ngeksplor sejarah dan agama lama di daerah gue, dan itu ngebawa gue ke Prose Edda. Itu salah satu sumber terpenting dari mitologi Norse dan ngejelasin gimana dulu orang percaya alam semesta ini tercipta dan gimana semuanya bekerja. Sebagai seniman, gue pengen bangun dunia gue sendiri, dan ide itu relate banget sama gue. Itu yang menginspirasi gue buat jadiin mitologi ini sebagai tulang punggung proyek ini.
Gue tau beberapa simbolnya udah disalahgunain sama kelompok yang gak pengen gue asosiasikan sama mereka. Pas gue mulai belajar tentang mitologi Norse, gue riset simbol mana aja yang udah disalahgunain dan gue hindarin. Walaupun gue punya pandangan politik yang condong ke kiri, gue gak pengen ngasih sinyal yang salah ke orang yang belum kenal gue. Gue benci xenophobia, homophobia, transphobia, atau ideologi apa pun yang nge-exclude atau nindas orang.
Lo nyebutin kalo proyek ini ngeksplor eksistensialisme, cinta, dan pertempuran mental. Ada momen atau pengalaman spesifik yang menginspirasi tema-tema ini?
Gue gak tau sih, jujur aja. Di titik ini dalam hidup gue, emosi-emosi ini kerasa hadir banget. Gue sering ngerasa kayak lagi balapan sama waktu dan harus ngerilis lebih banyak musik, padahal gak ada yang maksa gue. Ninggalin jejak gue di bumi dan punya musik yang dinikmati orang jadi legacy gue itu yang bikin gue terus maju.
Kolaborasi lo sama Tiresss menghasilkan lima dari enam lagu di EP ini. Gimana partnership itu ngebentuk sound dan arah dari MUNINN?
Gue nemuin dia online dan langsung nemuin apa yang gue cari dalam hal produksi. Beat-nya nampol tapi tetep punya layer sentimental, yang ngasih gue ruang buat ngekspresiin diri gue sesuai yang gue mau.
Single utama, "Europa," make bulan Jupiter sebagai metafora. Bisa cerita tentang gimana lo nerjemahin ide-ide kosmik atau abstrak jadi lirik dan sound?
Gue selalu nemuin kenyamanan dalam ide kalo kita hampir pasti bukan satu-satunya kehidupan di alam semesta. Gue excited banget setiap ilmuwan nemuin planet yang mungkin bisa jadi tempat tinggal kehidupan. Europa, dengan lapisan esnya dan kemungkinan adanya lautan di bawahnya, adalah salah satu kandidat terbaik di tata surya kita. Suatu malem gue nyasar ke YouTube rabbit hole tentang itu, gue tulis di notes gue, dan kemudian, pas gue dapet beat buat "Europa," gue inget itu. Liriknya ngeparalelin lapisan es Europa sama penghalang bawah sadar gue sendiri, gimana gue ngejauhin orang, tapi orang yang tepat berhasil ngelelehin lapisan itu dan ngebawa gue kebahagiaan dan makna.
"Burn The Sigil" ngebuka EP ini dengan tone ritualistik. Seberapa penting simbolisme dan metafora dalam musik lo, dan apa peran ritual dalam hidup lo?
Gue rasa kita semua punya ritual kecil kita sendiri yang kita lakuin setiap hari. Gak harus religius, tapi itu bagian dari apa yang bikin kita jadi manusia. Rutinitas kecil bantu kita nyelesaiin sesuatu. Contohnya, gue selalu nyalain lilin dan matiin semua lampu di kamar gue pas gue rekaman di malem hari, dan gue mulai ngerokok pas gue milih beat yang pengen gue rekamin. Ngebakar sigil adalah praktik simbolis dalam paganisme. Dipercaya buat ngelepas energi dan intensi yang dipake buat nyiptainnya, ngirimnya ke alam semesta atau ke alam bawah sadar buat mewujudkan hasilnya. Buat gue, mulai proyek ini dengan konsep itu kerasa kayak mulai dengan pertanda baik. Beat-nya awalnya jauh lebih panjang, tapi gue potong tepat setelah build-up buat nyiptain perasaan peluncuran ke dalam proyek.
Proyek ini ngebahas tema-tema berat kayak ketakutan eksistensial dan perjuangan mental. Apakah lo ngeliat musik sebagai bentuk terapi pribadi atau sebagai cara buat connect sama pendengar yang ngalamin tantangan serupa?
Iya, jelas banget. Pas gue ngerjain musik, gue bisa nutup semua yang terjadi di sekitar gue. Gue gak pernah bener-bener duduk dan mikir, gue harus bikin lagu tentang ini atau itu. Gue rasa itu terjadi secara gak sadar. Gue akhirnya masukin tema-tema kayak gini ke dalam musik gue bahkan pas gue gak lagi secara aktif ngadepinnya.
Lo bakal ngebawa MUNINN ke panggung-panggung di seluruh China bulan Oktober ini. Gimana lo nerjemahin proyek yang imersif dan introspektif kayak gitu jadi pengalaman live?
Gue bener-bener gak tau harus ngarepin apa. Gue belum pernah ke mana pun di Asia, tapi gue selalu terpesona sama budaya China, jadi bisa pergi dan tampil di sana adalah mimpi yang jadi kenyataan. Gue tau musik elektronik dan dance bener-bener ngena di China. Gue udah ngeliat penampilan live dari artis lain, dan penontonnya super hyped. Gue rasa gue harus fokus buat nyamain energi mereka, ngelepas diri gue, dan biarin musik yang ngelakuin sisanya. Gue excited banget buat tur sama temen deket gue dan sesama musisi, Pastelfuneral, shout out buat dia.
Apa selanjutnya buat maq 22?
Gue udah mulai bikin beat buat diri gue sendiri, dan gue pengen banget ngerilis lagu yang sepenuhnya DIY. Gue pengen bisa bikin musik cuma dengan mikrofon dan laptop gue, bahkan kalo gue lagi off the grid. Tahun depan, gue pengen nge-produce sebagian besar beat yang gue rekamin. Gue bener-bener nikmatin quest baru ini.
Konek sama maq 22: INSTAGRAM
https://earmilk.com/2025/09/04/riser-maq-22-chats-new-ep-muninn-norse-mythology-china-tour-and-more-interview/