RollingStone
Karly Hartzman, vokalis dan penulis lagu dari band Wednesday, dapet inspirasi dari mana aja, bro! Katanya sih, dia selalu dalam mode nulis terus. Setiap ada perasaan dikit aja, langsung dituangin jadi lagu. Inspirasinya bisa dari pengalaman pribadi, ingatan masa lalu, film, buku, pokoknya semua hal deh!
Di album baru mereka yang ngena banget, Bleeds, Karly nyeritain masa kecilnya di North Carolina, puisi-puisi, bahkan podcast kriminal! Lagu "Carolina Murder Suicide" aja terinspirasi dari kasus kematian keluarga Murdaugh yang viral itu lho. Patah hati dan drama putus cinta juga jadi tema utama di album ini. Soalnya, pas lagi nulis album, Karly putus dari pacarnya, MJ Lenderman, yang juga gitaris di band (tapi MJ tetep ikut rekaman kok, cuma gak ikut tur aja).
Walaupun album ini nyeritain masa-masa sulit, Karly tetep bangga banget sama hasilnya. Dia sama MJ juga masih temenan baik kok. "Kita rekaman sebulan setelah putus, dan setelah tur gila-gilaan buat album Rat Saw God. Itu bagus sih buat band, tapi gue udah capek banget," curhatnya. "Tapi gue bangga banget sama album ini, lebih dari semua yang pernah kita buat!"
"Wound Up Here (By Holdin On)"
"Itu salah satu lagu favorit gue yang pernah gue tulis. Temen gue, Evan, ngasih draft buku puisinya ke gue sama Jake buat kita kasih blurb. Gue bilang ke dia kalo gue minjem satu baris dari puisinya, dan dia bahkan gak inget pernah nulis itu! Dia nulis 'I wound up here by holding on,' atau semacamnya. Terus gue kayak, 'Dan, ini chorus lagu banget!' Gue rasa gak ada yang bisa se-emosional 'Bull Believer' karena emang topiknya berat banget, tapi lagu ini lumayan mendekati level emosional itu dalam waktu yang lebih singkat. Gue lagi latihan buat nyampein nada dan perasaan secara singkat, dan gue rasa lagu ini yang pertama kali gue berhasil ngelakuin itu."
"Elderberry"
"Gue tertarik banget sama tradisi lagu country klasik yang direkam dan direkam ulang sama banyak penyanyi, kayak proses di Nashville gitu. Gue pengen nulis sesuatu yang timeless, walaupun gue gak yakin berhasil karena gue nyebutin mobil listrik di lagu ini. Tapi, lagu cinta kan emang timeless kalo lo bikinnya bener, dan itu yang pengen gue capai. Menurut gue, lagu cinta yang bagus itu ngakuin sisi gelap dari mencintai seseorang, kompromi yang harus lo lakuin, dan harapan atau keinginan lo yang paling bikin malu. Tujuan gue ya itu di lagu ini."
"Di studio, gue dateng bawa gitar sama lirik. Secara tema, gue udah punya ide yang kuat, tapi temen-temen band gue ngebantu gue bangun struktur suara buat ngedukung liriknya. Bagian Andy di chorus itu contoh terbaiknya, dengan pedal steel-nya. Cara dia pake feedback juga emosional banget. Menurut gue, feedback itu suara yang kurang dimanfaatin buat nyiptain emosi di banyak genre, terutama musik country."
"Carolina Murder Suicide"
"Itu pas pandemi. Gue obsesi banget sama kasus pembunuhan keluarga Murdaugh, karena emang ceritanya menarik banget. Kalo lo liat foto mereka, mereka tuh kayak keluarga-keluarga yang gue liat pas gue kecil, simbol-simbol old money di selatan, walaupun gak punya duit. Sepatu boat, kemeja berkerah, kulit kebakar matahari, bekas item kacamata, rambut merah pucat. Dan fakta bahwa keluarga kayak gitu bisa ngelakuin hal-hal mengerikan, apalagi kepala keluarganya yang punya jabatan di pemerintahan lokal."
"Gue kayak mikir, 'Anjir, kalo gue mau ngabisin 17 jam buat dengerin podcast tentang ini, gue harus dapet lagu dari sini!' Jadi gue nulis interpretasi gue tentang cerita itu dari sudut pandang cewek yang tinggal di seberang rumah mereka. Kayak ngamatin mereka gitu."
"Wasp"
"Gue pengen banget punya lagu yang isinya vokal scream semua. Gue gak tau kalo itu bakal jadi lagu ini, tapi pas gue sadar gue nulis tentang apa, gue kayak, 'Oke, ini sesuatu yang bisa gue teriakin!' Soalnya lagu ini tentang perasaan disosiasi dan gak nyambung sama badan gue karena kecapekan. Gue rasa teriak 'castrated in my mental death' itu kayak terapi pas lo ngerasa gak bisa ngerasain apa-apa."
"Gue mulai ngerasain itu pas sebelum gue sama Jake putus, jadi ini pas akhir-akhir proses nulis. Gue rasa badan gue udah nerima duluan sebelum pikiran dan hati gue kalo hubungan ini udah selesai. Gue nutup diri gue pake lapisan yang gak bisa ditembus. Kita rekaman sebulan setelah putus, dan kita baik-baik aja, kita temenan, kita hangout, tapi awalnya aneh karena kita cuma harus nyelesain ini. Rekaman album itu harus lebih metodis dari yang lo kira, karena lo punya banyak hal yang harus dilakuin dalam waktu yang singkat."
"Gue cuma fokus buat nyelesein lagu-lagunya. Gue suka banget kolaborasi sama dia dan temen-temen band gue yang lain, jadi gue rasa kita udah ngelakuin yang terbaik, dengan keadaan kayak gitu. Tapi ya, konteksnya emang aneh banget dan stagnan karena gue cuma pengen nyelesein ini. Tapi gue bangga banget sama hasilnya. Gue mau bikin seribu album lagi sama Jake karena dia jago dalam segala hal, dan kita kerja sama dengan baik."
"Gary's II"
"Gue pengen banget nyeritain tentang pemilik kontrakan kita, Gary, yang udah meninggal beberapa tahun lalu. Dia tuh kayak orang Appalachia tua yang punya banyak cerita tentang Asheville zaman dulu yang udah gak ada sekarang, dan gue pengen cerita itu tetep ada. Dulu dia suka ke bar di pusat kota. Orang ini tingginya cuma 150 cm, mukanya kayak kakek-kakek di film Up, tapi omongannya kasar banget. Dia tuh mau masuk atau keluar bar di pusat kota Asheville, terus ada cowok ngejar dia pake tongkat baseball karena ngira dia cowok lain yang udah nidurin istrinya."
"Gary suka dateng ke tempat gue sama Jake tinggal, terus nungguin kita keluar dan mulai ngobrol. Terus kita jadi ngobrol sama dia selama 40 menit. Pas akhir hidupnya, dia pake masker oksigen sambil ngerokok. Kita kayak, 'Ini serem banget!' Tapi ya, dia emang orang gila. Gue seneng banget bisa kenal dia."
https://www.rollingstone.com/music/music-features/wednesday-bleeds-karly-hartzman-mj-lenderman-1235418897/